Sabtu, 16 Juli 2016

Aneka Pilihan Tempat Wisata di Pulau Sumatera

17/05/2015


Pulau Sumatera telah dikenal sebagai salah satu kawasan wisata di Indonesia yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi sebagai tujuan liburan. Beberapa wilayah memang sudah dikenal sejak dahulu, tetapi belakangan ini ada beberapa tempat yang mencuat menjadi tenar karena keberhasilan pengembangan pariwisata. Pulau ini masih tetap menonjolkan keindahan alam sebagai bagian panorama keindahan wilayah Indonesia paling barat. Dominasi yang terjadi bukan saja cantiknya alam pantai tetapi juga danau, air terjun serta keanekaragaman hayati di hutan lebat Sumatera. Mana saja tempat menarik yang layak dikunjungi di Sumatera? Silakan ikuti informasinya di bawah ini.

Adapun wilayah di Sumatera yang dikenal dengan keindahan tempat wisata yang direkomendasikan sebagai destinasi liburan anda diantaranya:

Pulau Bangka Belitung. Keberhasilan film Laskar Pelangi berhasil mengangkat pamor pariwisata Bangka dan Belitung sebagai destinasi liburan populer di Indonesia. Setting film tersebut berlokasi di Belitung. Tetapi keberhasilan ini juga mengangkat nama pulau Bangka yang merupakan kesatuan wilayah dalam propinsi Babel. Keindahan jutaan batuan yang berserakan di tengah laut maupun tepi pantai merupakan daya tarik tersendiri dan unik, yang tidak dapat ditemukan di wilayah lain. Wilayah Babel merupakan destinasi wisata Sumatera yang wajib anda kunjungi.
keindahan wisata bangka belitung
Bangka Belitung

Wilayah Lampung. Siapa yang tidak pernah mendengar nama gunung Krakatau? Kedasyatan letusan di masa lampau merupakan pengalaman pahit tidak terlupakan di dunia. Tetapi dibalik duka tersebut, sisa letusan yaitu berupa anak gunung Krakatau yang aktif tumbuh, kini menjadi salah satu tempat wisata populer di Lampung yang disukai oleh pengunjung baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, wilayah paling selatan pulau Sumatera ini dikenal juga dengan keberadaan Way Kambas yang merupakan perlindungan dan “sekolah” untuk gajah.
wisata krakatau
Krakatau di Lampung

Pulau Batam. Sebagai gerbang pulau Sumatera untuk menyeberang ke negara Singapura, Batam memiliki banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk disinggahi oleh wisatawan. Di sini juga terdapat obyek pantai yang menarik seperti pantai Marina, Nongsa dan Melur. Bahkan di sini juga terdapat jembatan yang indah yang menghubungkan antar pulau kecil dengan Batam yang bernama Barelang (Batam, Rempang dan Galang). Bentuk dan fungsinya mirip dengan jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura.
wisata Batam
Barelang

Jambi. Kota ini juga memiliki beraneka ragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Yang paling populer adalah danau Kerinci yang menjadi salah satu danau indah di wilayah Sumatera. Kota ini juga memiliki obyek air terjun yang layak anda kunjungi saat liburan. Bahkan jika anda ingin mengunjungi obyek bersejarah, silakan kunjungi istana Sultan Thaha Saifuddin yang merupakan pahlawan Nasional dari Jambi.
wisata di Jambi
Danau Kerinci

Wilayah Medan. Salah satu wilayah di Sumatera yang populer hingga ke luar negeri adalah tempat wisata di Medan yang memiliki danau Toba dan air terjun Sipiso-piso yang sangat terkenal. Kedua obyek ini dikenal sebagai danau terbesar dan air terjun tertinggi di Indonesia. Selain kedua tempat tersebut, kota Medan juga memiliki istana Maimun yaitu sebagai bukti kebesaran kesultanan Deli, vihara yang cantik, dan “salju panas” di Tinggi Raja.
wisata di Medan
Tinggi Raja

Banda Aceh. Kawasan paling utara di pulau Sumatera ini memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Wilayah ini pernah berduka dengan bencana alam tsunami yang sangat besar dan menelan korban ribuan jiwa. Kini Aceh telah berbenah termasuk pariwisatanya. Bahkan salah satunya keberadaan tugu peringatan tsunami menjadi obyek wisata bersejarah di tempat ini. Di “Serambi Mekkah” ini, anda juga dapat mengunjungi air terjun yang indah serta beberapa pantai yang menarik. Salah satunya adalah pantai Rubiah di pulau Weh. Konon keindahan taman lautnya merupakan saingan pulau Lombok yang memiliki gili Trawangan sebagai destinasi menyelam dan snorkeling yang eksotis.
wisata di Aceh
Pantai Rubiah

Wilayah Padang. Sumatera Barat dikenal dengan obyek alam yang indah termasuk ngarai, danau dan air terjun. Bahkan wisata di Padang juga cukup populer di luar negeri dengan keindahan pantai-pantai di pesisirnya seperti di pulau Mentawai dan Cubadak. Kawasan ini juga terkenal dengan masakan lezat, jam Gadang dan rumah adat minangkabau yang sering menghiasi brosur maupun ikon wisata di wilayah Indonesia.
wisata di Padang
Jam gadang

Wilayah Riau. Kawasan yang sangat terkenal sebagai penghasil minyak bumi ini juga menyimpan segudang tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi. Kepulauan yang masih bagian dari pulau Sumatera ini juga memiliki obyek pantai yang indah, air terjun, danau dan bahkan taman Nasional yang masih menyimpan beraneka tumbuhan dan binatang langka seperti harimau Sumatera. Di kawasan Riau juga terdapat sebuah candi bersejarah yang bernama muara Takus.
candi di Riau
Muara Takus

Kota Palembang. “Jantung” pariwisata dan perekonomian wilayah ini adalah dengan keberadaan sungai Musi. Tetapi tempat wisata menarik di Palembang bukan hanya kawasan tersebut saja. Wilayah ini juga memiliki beberapa air terjun yang indah di sekitar perbatasan serta eksotisme pagoda di pulau Kamaro yang mampu menghadirkan banyak wisatawan dari negara Malaysia, Singapura, serta Jepang. Pagoda ini sudah cukup tua tetapi memiliki keindahan nuansa warna merah yang sangat cantik.
wisata Palembang
Pagoda Kamaro

Cukup lengkap dan menarik, bukan? Wilayah pulau Sumatera sangat layak menjadi tujuan wisata anda bersama keluarga karena menawarkan keindahan alam tiada tara. Bahkan beberapa tempat diantaranya telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Sangat disarankan agar anda berkunjung ke pulau ini.
Sumber: https://www.wisatania.com/tempat-wisata-di-pulau-sumatera

Tidak ada komentar:
Write komentar