Jumat, 08 Juli 2016

Mulai tanggal 23 Februari hingga 30 Maret 2015, pemuda-pemudi terbaik Indonesia dapat mendaftar menjadi Pemuda Penggerak Desa (PPD)

oleh Tinitis Rinowati in daerah, Halmahera Selatan, halmahera selatan, berita, berita-daerah 

indonesiamengajar.org--Gerakan yang digagas Dinas Pendidikan Halmahera Selatan bersama para Pengajar Muda (PM) yang ditempatkan di kabupaten tersebut, telah memasuki tahun kedua dalam periode lima tahun PM memasuki daerah tersebut.   
Pada tahun 2014, kegiatan PPD dirintis sebagai bentuk kepedulian pemerintah Halmahera Selatan terhadap kemajuan pendidikan. Bagi Indonesia Mengajar (IM), kegiatan ini merupakan buah dari proses yang telah berlangsung, di samping juga menjadi langkah keberlanjutan bagi pendidikan Halmahera Selatan di masa depan. Pada tahun 2014 tersebut, PPD telah merekrut delapan pemuda terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka meninggalkan pekerjaan dan kehidupannya di kota menuju desa-desa terpencil di Halmahera Selatan untuk mengabdikan diri, bagi pendidikan.  
Pendidikan adalah tanggung jawab bersama, mendidik adalah tugas orang terdidik. Berangkat dari keyakinan tersebut, Dinas Pendidikan Halmahera Selatan kembali mengajak para sarjana terbaik untuk turut serta menjadi bagian dalam kemajuan pendidikan di kabupaten bagian timur Indonesia ini. Melalui Gerakan PPD, kandidat yang terpilih akan dikirim ke berbagai desa di Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengajar selama satu tahun. Tugas setahun ini diawali dengan pelatihan dan pembekalan untuk siap menghadapi berbagai kondisi di penempatan.   Cakupan tugas PPD ialah mengajar di Sekolah Dasar, mengembangkan masyarakat, juga meningkatkan mutu pendidikan di tingkat kabupaten Halmahera Selatan.
Setahun iuran singkat yang begitu ditunggu oleh anak-anak, saudara sebangsa kita di desa timur jauh tersebut. Biarkan Anda menjadi inspirasi bagi hidup mereka, sekaligus terinspirasi dari kenyataan yang belum pernah Anda temui sebelumnya.  
Masih banyak pekerjaan rumah di negara sendiri yang bisa kita kerjakan bersama. Masih banyak anak Indonesia yang belum mendapatkan hak dan kesempatan sebagaimana kita berhak dan berkesempatan memiliki akses terhadap pendidikan. Mari luangkan waktu mengenal mereka, terinspirasi dari mereka. Kemudian, mari kita turun langsung, dan bergandeng tangan bergerak dan memberi arti sepanjang masa!  
Hari ini.
Suatu kesempatan dibuka kembali. Satu kesempatan untuk menjadi seorang pahlawan negeri.
Pahlawan untuk melawan penjajah yang bernama kebodohan. Pahlawan yang berjuang memberikan inspirasi kepada seluruh anak-anak di desa terdepan.  
Halmahera Selatan memanggilmu! Mari siapkan diri menyngsong hari baru, penuh kemenangan, bagi Mereka, Anda dan Indonesia!   
Mari bergabung di www.daftar.gerakandesacerdas.org!  
Informasi selengkapnya di: www.gerakandesacerdas.org
Twitter : @penggerakdesa
***

Ditulis oleh Patrick Nikolas Samuel Pegajar Muda angkatan IX Kabupaten Halmahera Selatan

Tidak ada komentar:
Write komentar