Kamis, 24 Maret 2016

Teknologi Wi-Fi Tak Lama Lagi Akan Punah, Ini Penggantinya


Teknologi Wi-Fi Tak Lama Lagi Akan Punah, Ini Penggantinya

KLIKBALIKPAPAN.COM - Keberadaan teknologi wifi saat ini begitu besar manfaatnya bagi pengguna internet. Akan tetapi teknologi ini telah memasuki usia senjakala, karena akan digantikan dengan teknologi baru yang lebih revolusioner.
Ya, teknologi itu bernama Li-Fi. Li-Fi adalah singkatan dari "Light Fidelity” yang mengirimkan informasi secara nirkabel melalui cahaya tampak.
Pada ajang Mobile World Congress didemonstrasikan kemampuan teknologi Li-Fi. Teknologi ini menarik perhatian banyak vendor, seperti Apple yang berencana akan mengintegrasikan Li-Fi ke dalam iPhone 7.
Kelebihan dari teknologi Li-Fi adalah kecepatannya yang sangat luar biasa mencapai 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi. Jika menggunakan koneksi berbasis Li-Fi ini, kita bisa melakukan proses download 23 DVD hanya menggunakan waktu satu detik. Pada uji laboratorium kecepatan Li-Fi mencapai 200 Gbps. Hebat Bukan.
Seiring dengan perkembangan intenet dengan jumlah yang setiap saat bertambah, kehadiran Li-Fi mampu memecahkan berbagai masalah terkait dengan kecepatan internet. Li-Fi bekerja dengan memanfaatkan kerlip tak terlihat dari lampu LED, yang sebenarnya berkedip ribuan kali per detik. Kedipan tersebut telah dijuluki sebagai “persamaan digital sandi Morse”.
Tapi dibalik kelebihannya, teknologi ini juga memiliki kekurangan yaitu perangkat harus berada di ruang dengan lampu yang menyala terang agar Li-Fi bisa bekerja. Hal ini disebabkan karena informasi dihantarkan dengan menggunakan cahaya tampak.
Sehingga untuk menggunakan koneksi Li-Fi, perangkat tidak bisa digunakan dalam ruangan yang gelap. Selain itu . Li-Fi juga tidak bisa menembus dinding, karena alasan yang sama bahwa cahaya dari ruang tertutup tidak bisa menerangi setiap kamar sekitarnya.
Saat ini, Li-Fi lebih merupakan teknologi laboratorium daripada sesuatu yang akan anda temukan di kedai kopi, tapi mungkin tak akan lama lagi hotspot Li-Fi mulai bermunculan. Deepak Solanki, pendiri perusahaan Estonia Velmenni, yang menguji Li-fi di ruang industri tahun lalu, mengatakan ia yakin bahwa teknologi ini benar-benar akan mulai dikomersialkan dalam dua tahun ke depan.
Bahkan, rentang waktu itu mungkin dipersingkat jika Apple mulai mengintegrasikannya dengan iPhone 7, yang dijadwalkan akan rilis pada akhir tahun ini.
(National Geographic/Mother Nature Network)
http://klikbalikpapan.co/berita-3390-teknologi-wifi-tak-lama-lagi-akan-punah-ini-penggantinya.html

Tidak ada komentar:
Write komentar